Wednesday, May 6, 2015

Manfaat Minum Susu


Susu seringkali dikaitkan dengan lelucon, pake es atau tidak, kalau ga pake es nanti jadi uu dong. Tapi terkadang susu sering juga dikaitkan dengan slogan 4 sehat 5 sempurna, yapp slogan ini membuktikan bahwa susu sangat bermanfaat karena memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan khasiat yang terkandung di dalam susu, yang sangat bermanfaat bagi Tubuh.
Susu biasanya dikenal dengan minuman penguat tulang, karena banyaknya kandungan kalsium yang dimiliki susu itu sendiri tetapi sebenarnya susu memiliki kandungan nutrisi yang lain seperti misalnya fosfor, zinc,vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam amino dan asam pantotenat. Tentu kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh Kita.


Karena Banyaknya Kandungan Nutrisi yang dimiliki susu, berikut ini saya akan memberikan beberapa kandungan susu.

1. Untuk Tulang.

Mencegah Osteoporosis bagi orang tua, dan bagi anak – anak mempercepat pertumbuhan tulang, jadi bagi para remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan dan ingin menambah tinggi badan dengan cepat, susu sangat disarankan karena dalam susu terdapat kandungan yang dapat mempercepat tumbuh tulang dan menguatkannya.

2. Penawar Racun  

Susu dapat juga untuk menetralisir racun yang ada dalam tubuh kita, susu dapat bersifat detox (penawar racun). Ini terbukti karena Susu dapat merangsang air liur, dan mengurangin keasaman mulut, sangat berguna bagi perokok, karena alasan yang menjadi orang untuk merokok merupakan mulut yang terasa asam, orang jepang juga menggunakan susu sebagai pengganti rokok, selain menyehatkan tubuh, susu juga memiliki nutrisi yang berguna bagi mereka, sehingga mereka memiliki tenaga lebih.

Baca Juga : Rahasia memiliki Umur Panjang

3. Bagus Untuk Kulit  

Susu dapat juga memberikan kelembapan pada kulit, ini disebabkan karena dalam susu terdapat banyak sekali kandungan protein, dimana protein ini berguna untuk mengganti sel-sel kulit yang mati ataupun meregenerasi sel kulit yang telah rusak.

4. Membantu Pola Pikir 

 Susu dapat juga sebagai bahan untuk membantu kita menjadi berpikir lebih cepat, ini terbukti karena kandungan vitamin yang terdapat dalam Susu sangat berguna untuk membuat otak kita berpikir lebih cepat.

5. Baik untuk Usus 

Susu dapat juga sebagai penyehat usus, ini diketahui karena Susu itu memiliki semacam zat asam yang dapat membantu usus kecil agar proses pencernaan dan penyerapan nutrisi lebih cepat, tapi terkadang ada juga sebagian orang yang alergi dengan minum susu sapi, hal ini mudah diatasi dengan mengubah pola minum susu sapi diganti menjadi susu kambing, tentunya khasiat yang dimiliki jauh lebih berguna,

6. Sebagai Tambahan energi Instant 

Susu dapat memberikan Tambahan tenaga pada saat kelelahan, ini dapat dibuktikan dengan kebiasaan orang jepang yang pada saat kelelahan mereka biasa minum susu agar tenaga yang telah hilang kembali dengan cepatnya.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi dan stress

Susu juga dapat mengurangi dampak tekanan darah tinggi dan stress yang berlebih, karena kandungan yang dimiliki dalam susu itu dapat merangsang hormon melatonin yang kita miliki untuk berproduksi lebih banyak, hormon melatonin ini berfungsi sebagai hormon relaxasi, oleh karena itu terkadang susu juga dapat dikonsumsi sebelum tidur.

Baca Juga : Salah satu penyebab tekanan darah tinggi


Walaupun terkadang kita melihat bahwa kebanyakan susu berwarna hanya putih, tapi sebenarnya banyak sekali jenis jenis susu yang terkandung dalam warna putih itu.
·         Full cream
Mengandung 4% lemak dan umumnya banyak mengandung vitamin A dan vitamin D. Susu ini sangat bermanfaat bagi orang yang benar-benar untuk menggemukkan badan atau membuat badan lebih berisi.
·         Low fat
Susu rendah lemak, karena kandungan lemaknya hanya setengah dari susu full cream. Susu ini merupakan susu kebalikan dari susu Full Cream, biasa diminum oleh orang yang untuk menjaga tubuh ataupun takut gemuk, walaupun susu ini rendah lemak, tapi khasiat susu yang dimiliki tidak berkurang.
·         Skim
Susu yang kandungan lemaknya lebih sedikit lagi, kurang dari 1%. Susu ini biasanya diminum oleh orang – orang tertentu saja, biasanya oleh orang yang memiliki gangguan kesehatan,

·         Susu evaporasi
Yaitu susu yang telah diupkan sebagian airnya sehingga menjadi kental. Mirip dengan susu kental manis, tetepi susu jenis ini rasanya tawar.

Baca Juga : Penggunaan Baking Soda secara berlebihhan dapat jadi seperti ini

·         Susu pasteur
Susu yang melalui proses pasteurisais (dipanaskan) 65° sampai 80° C selama 15 detik untuk membunuh bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit.

·         Flavoured


Sebenarnya susu full cream atau low fat yang ditambahkan rasa tertentu untuk variasi. Misalnya susu coklat, strawberry, pisang, dan rasa lainnya. Umumnya memiliki kandungan gula yang lebih banyak karena penambahan rasa ini.

·         Calcium enriched
Susu yang ditambah dengan kandungan kalsium dan kandungan lemaknya telah dikurangi.
·         UHT
Merupakan singkatan dari Ultra-High Temperature-Treated. Susu jenis ini adalah susu yang dipanaskan dalam suhu tinggi (140° C) selama 2 detik yang kemudian langsung dimasukkan dalam karton kedap udara. Susu ini dapat disimpan untuk waktu yang lama.
·         CLA
Susu ini bermanfaat bagi orang yang ingin merampingkan tubuh. Kepanjangan dari CLA adalah Conjugated Linoleic Acid yang akan membantu dalam pembentukan otot dan mempercepat pembakaran lemak.

Jadi menurut Saya sebagai penulis artikel ini Susu itu memiliki manfaat tersendiri. Jenis – Jenis susu juga beragam tergantung dari kita sendiri akan meminum yang mana, takut gemuk, ada susu lowfat. Pingin gemuk ada yang full cream. Kita memang negara terpadat nomor 3 didunia. Akan tetapi kita juga menjadi negara yang minim dalam minum susu. Mungkin hal ini dikarenakan harga susu yang kian tinggi. Sebenarnya Harga Susu itu sendiri sudah ada harga tersendiri, dengan khasiat yang berbeda. Dan apabila kita mengalami alergi dalam meminum susu sapi sebaiknya diganti dengan minum susu kambing. Memang hal ini sedikit terdengar aneh, tapi biasanya hal ini ada dan dialami oleh anak bayi, yang notabene harus banyak minum susu untuk pertumbuhan.

Saran Saya Marilah kita tetap minum Susu untuk masa depan indonesia yang cerah, Indonesia Pintar, dan Indonesia Berenergi. Semakin banyak orang yang mulai minum susu semakin semangat peternak peternak sapi kita dalam memproduksi susu.

Jika ada kritik dan saran silahkan lampirkan dalam kolom komentar.

Artikel Terkait

Gunakan selalu bahasa yang sopan dan tidak spam dalam berkomentar, karena komentar yang baik menunjukkan kualitas dari orang tersebut.
EmoticonEmoticon