Monday, August 15, 2016

Konsumsi Garam secara berlebihan


Garam merupakan kebutuhan paling utama untuk memasak, hampir 90% masakan indonesia itu menggunakan garam, mulai dari makanan mewah seperti spaghetti sampai telor ceplok yang hanya digoreng saja menggnakan garam, bahkan ada pepatah yang mengatakan bagaikan sayur tanpa garam sama saja dengan hambar. Namun tanpa kita sadari sebenarnya penggunaan garam secara berlebihan itu berbahaya bagi tubuh, saya sendiri pun tergolong orang yang sangat banyak menggunakan garam dalam kehidupan sehari-hari. seperti masak telor ceplok, makan sayur, dan lainnya, kalau dihitung mungkin bisa  sdm garam yang bisa saya makan sehari, bayangkan kalau dalam seminggu, sebulan, bahkan setahun, tapi apasih yang bikin konsumsi garam secara berlebihan itu berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Minum Susu untuk kesehatan

Garam memiliki kandungan Sodium dan Klorida. Sodium berfungsi untuk mengatur tekanan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, dan juga untuk mengirimkan pesan antara setiap syaraf dan serat otot.sedangkan klorida berfungsi untuk membantu pencernaan kita. oleh karena itu makanan kita tidak boleh memiliki banyak kandungan garam. Karena segala sesuatu yang bersifat berlebihan itu pada dasarnya tidak baik. 

Lantas, kenapa konsumsi Garam secara berlebihan itu berbahaya bagi tubuh? bukannya Garam memiliki kandungan Sodium dan Klorida dalam tubuh yang berfungsi untuk melancarkan darah, dan klorida yang bisa membantu pencernaan kita. Semua itu hanya ilusi Guys, Sebenarnya konsumsi Sodium yang berlebihan itu, akan tubuh kita akan memiliki stock air yang berlebihan. Ini karena Ginjal kita yang menyaring segala zat yang tidak terpakai di dalam tubuh (Limbah) dapat membuat senyawa yang menyatu seperti Sodium dan potasium akan menjadi air.

Baca Juga :  Rahasia Umur Panjang

Lho, kan bagus tubuh memiliki banyak air dokter juga menyarankan agar kita mengkonsumsi air secara banyak agar tidak dehidrasi, Ini juga salah Guys, Nyatanya mengkonsumsi banyak air berbeda dengan penyatuan zat yang dapat membentuk air, konsumsi air putih secara berlebihan itu bagus karena dapat menetralisir semua zat berbahaya yang ada dalam tubuh dan di proses oleh ginjal kita dan dikeluarkan dari seluruh pembuangan di tubuh, baik itu pori-pori maupun air seni.
Nyatanya, Semakin banyaknya Garam yang kita konsumsi maka kandungan air dalam tubuh juga akan semakin banyak. ini berarti Ginjal akan mengolah lebih banyak air. dan ini merupakan hal yang buruk karena dapat membuat pembengkakan ditubuh seperti lengan, kaki, badan.
Semakin banyaknya air yang mengendap di tubuh dan membuat pembengkakan dapat membuat jalannya darah keseluruh tubuh menjadi terhambat, ini merupakan pemicu dari Hipertensi. 



Mungkin sebagian dari kita sudah tau, konsumsi garam secara berlebihan dapat membuat kita lebih sering buang air kecil, tapi ini merupakan cara tubuh untuk menyeimbangkan antara klorida dan sodium. sebagai informasi, pada saat kita buang air kecil, sebagian dari zat yang dibutuhkan tubuh kita juga akan terbuang, seperti kalsium dan juga mineral. bagi penderita osteoporosis hal ini akan makin memperparah penyakit itu. Oleh karena itu apabila orang tua kita memiliki penyakit osteoporosis (tulang keropos) lebih baik diberhentikan dari konsumsi garam secara berlebihan.

Baca Juga : Efek Radiasi ke mata 

Oleh karena berbahayanya konsumsi Garam secara berlebihan, Pemerintahan New York mulai menetapkan kepada seluruh restauran untuk membuat kandungan kalori yang berlebihan bagi tubuh untuk setiap menu yang tersedia agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahayanya Konsumsi Garam secara berlebihan.

Garam terlihat remeh yah Guys, Namun ternyata kandungan garam itu penting dan sekaligus berbahaya juga bagi tubuh kita, terlalu sedikit malah bisa membuat kita darah rendah, kelebihan bisa buat kegemukan, hipertensi dan lainnya. serba salah deh jadinya, Tapi ada baiknya kita mengkonsumsi segala sesuatunya dengan cukup dan tidak berlebihan, 

Artikel Terkait

Gunakan selalu bahasa yang sopan dan tidak spam dalam berkomentar, karena komentar yang baik menunjukkan kualitas dari orang tersebut.
EmoticonEmoticon