Sunday, August 21, 2016

Tips Untuk Berhenti Merokok


Gak merokok ga ganteng, Ga merokok Ga keren, terkadang pernyataan bodoh ini sering sekali membuat banyak orang terjebak kedalam hasutan rokok. Padahal merokok tidak akan membuat kita keren ataupun ganteng.yang ada rokok malah membuat kita kecanduan dan semakin jauh dari kata sehat,Ada juga yang mengatakan merokok dapat membantu para petani rokok yang hidupnya sudah susah padahal sebenarnya hal itu salah karena terdapat kasta dalam pembuatan rokok yang membuat petani itu sendiri tetap miskin. Jadi dengan merokok tidak membantu orang sama sekali melainkan menyusahkan. Saya sendiri pun sebenarnya bukanlah perokok, Apakah saya pernah merokok? tentu saja pernah, hanya sekedar mencoba karena berdasarkan setia kawan dengan teman. Lalu kenapa saya tidak merokok lagi sampai sekarang?. Kali ini saya akan membagikan tips yang saya miliki agar tahan untuk tidak merokok lagi.

1. KOMITMEN


Komitmen ataupun sebuah janji harus kita tanamkan pada diri sendiri, biasanya komitmen akan lebih efektif apabila kita berkomitmen untuk orang lain, contohnya seperti Pacar, kenapa saya katakan komitmen kepada pacar?? bukannya ke Orang Tua, karena sebagian besar Orang yang merokok itu masih dikalangan anak muda, dan laki-laki. Mereka lebih ingin menunjukkan bahwa dia adalah Pria yang Gentle kalaupun orang Dewasa biasanya akan lebih sulit untuk berhenti karena sudah tergolong lebih lama untuk merokok dari kalangan remaja, Tapi cobalah untuk membuat komitmen demi orang yang kalian sayang terutama untuk diri sendiri.

2. BELILAH CELENGAN

Celengan?? Apasih Hubungannya Celengan dan Rokok, Kedua hal ini sangat berhubungan, pada dasarnya kalau Orang yang merokok pasti membutuhkan Uang, Setelah kita membuat komitmen untuk diri kita sendiri, bagaimana jika kita membeli Celengan, Celengan ini berfungsi untuk memisahkan uang yang seharusnya kita buat untuk membeli rokok kita masukkan ke dalam celengan. Semisalnya, uang yang akan kita gunakan hari ini dalam 1 hari Rp.50.000,- Kita setiap hari biasanya memisahkan Rp.20.000,- untuk membeli rokok, Uang yang buat beli rokok ini kita masukkan kedalam celengan yang kita beli untuk disimpan. Tentu saja Apabila kita sudah berkomitmen pada diri sendiri, kita tidak akan menggukanan Uang kita yang Rp.30.000,- itu untuk membeli rokok, karena uang itu akan kita gunakan untuk makan dan minum selama 1 hari. Lakukanlah ini selama setahun, Lalu nikmati hasilnya.

3. CARA ALTERNATIF.

Tentu saja Untuk Berhenti Merokok tidak bisa dilakukan dengan langsung berhenti merokok, Walaupun terkadang ada juga sebagian orang yang langsung berhenti tapi sebagian lagi belum tentu langsung berhenti, oleh karena itu saya akan membagikan beberapa cara alternatif untuk berhenti merokok

A. Penjadwalan. 

Cobalah dengan melakukan pengurangan intesitas merokok dengan pengurangan jumlah rokok yang dihisap, Misalnya, Biasanya kita menghisap 1 bungkus sehari, mulai kurangi menjadi 10 batang sehari. Lakukan selama seminggu, tidak perlu terlalu cepat mengurangi intensitas dalam merokoknya, cobalah lakukan perlahan yang penting pasti berkurang dan sudah terbiasa untuk menguranginya, sampai benar-benar rokok itu tidak dibutuhkan lagi.

B. Kebiasaan.

Kebiasaan sendiri sebenarnya terkait dengan hal yang kita lakukan, misalnya Setelah makan pasti merokok, dalam kamar mandi merokok, menunggu merokok, nongkrong bareng temen merokok. hampir setiap kegiatan diselingi dengan merokok, hal ini cenderung berbahaya, karena sebenarnya rokok itu sendiri menjadi seperti kebutuhan khusus di hidup kita. Cobalah dengan mengubah kebiasaan, mengganti rokok dengan permen karet misalnya, kenapa dengan permen karet, bukan dengan coklat?. Karena permen karet akan digunakan sebagai selingan dalam merokok, jadi dimana waktu kita akan melakukan kebiasaan merokok, ubahlah dengan mengunyah permen karet, selain bisa merubah kebiasaan merokok, permen karet juga dapat membantu melatih otot-otot wajah agar lebih rileks dan kencang, Jangan mengubah permen karet dengan coklat. Karena kebanyakan orang akan menggunakan rokok dengan coklat. selain dapat merusak gigi, konsumsi coklat yang berlebihan juga dapat meningkatkan kegemukan, jadi sebaiknya gunakan permen karet saja, lebih bagus lagi kalau permen karet yang untuk memutihkan gigi.

C. Menolak Tawaran. 

Terkadang teman kita pasti memberikan rokok kepada kita, cobalah untuk menolak dan menjelaskan bahwa kita akan berhenti merokok, jangan lupakan juga komitmen yang sudah kita buat sebelumnya.

4.MENYIBUKKAN DIRI.

Cara membuat diri kita sibuk pun terkadang juga diperlukan untuk berhenti merokok mulai dari menyibukkan diri kita sendiri, Seperti pada saat menunggu kita tidak perlu merokok, tapi cukup bermain HP sambil mengunyak permen karet, atau juga bisa memperbanyak olah raga, selain tubuh sehat, kita juga dapat terhindar dari namanya merokok.

5. ISTIRAHAT.

Setelah melakukan semua Kegiatan diatas tentu saja kita akan merasa kelelahan dan capek. biasanya juga pasti kita akan tidur dan bersantai. sambil santai biasanya perokok akan membakar 1-2 batang rokok sambil bersantai. cobalah hindari kebiasaan ini dan langsung saja istirahat.

Perjuangan untuk berhenti merokok memang susah, tapi akan lebih terasa susah lagi apabila sudah sakit karena rokok, dan lebih menyusahkan lagi apabila orang yang kita sayang ataupun kenal merasa risih karena kita merokok. Jadi sebaiknya mulailah berhenti merokok secepatnya, bangun komitmen dengan diri anda sendiri dan cobalah ikuti langkah-langkah di atas.

Semoga Umur Anda Panjang




Artikel Terkait

Gunakan selalu bahasa yang sopan dan tidak spam dalam berkomentar, karena komentar yang baik menunjukkan kualitas dari orang tersebut.
EmoticonEmoticon