Thursday, November 23, 2017

Penyebab Insomnia


Insomnia merupakan Gejala kurang tidur, yang dapat berdampak bagi datangnya penyakit, akan tetapi banyak orang yang berpikir bahwa insomnia sendiri merupakan penyakit. Untuk lebih mengenal Insomnia mungkin kita dapat Mengenal Insomnia lebih dalam.

Insomnia dapat diakibatkan oleh beberapa hal, seperti :
1. Pekerjaan
Tak banyak orang menjadi Insomnia akibat tuntutan pekerjaan, seperti adanya shift malam sampai pagi, dimana mereka malamnya harus pergi bekerja dan pada paginya mereka pulang dan harus beraktifitas seperti orang pada umumnya lalu jam tidur mereka yang tadinya full 8 jam menjadi berkurang, ada juga yang diakibatkan adanya lembur karena pekerjaan, dimana deadline pekerjaan semakin menyerang, dan tuntutan dari atasan bahwa pekerjaan harus selesai besok harinya.

2. Depresi
Depresi dan Stress , Depresi diakibatkan adanya tekanan pikiran dari sekitar kita, dimana kita merasa Sakit kepala berlebihan akibat memikirkan sesuatu, dan dengan adanya tekanan yang berlebih dapat mengakibatkan Depresi.

3. Pikiran
Beban Pikiran yang berlebih dapat mengakibatkan Insomnia, apalagi kalau sampai yang kita pikirkan terbawa mimpi dan menjadi mimpi buruk, yang mengakibatkan kita sampai terbangun dan susah untuk tidur lagi, lalu akibatnya kita harus beraktifitas di malam hari untuk mengurangi beban pikiran kita sehingga kita dapat tidur kembali.

4. Alkohol
Banyak orang meminum alkohol sebagai pelepas beban pikiran, stress, dan depresi yang mereka rasakan, Dan tidak sedikit juga, peminum alkohol berpikir bahwa dengan meminum alkohol mereka dapat mengurangi stress dan menjadi tidur lebih nyenyak, Kondisi mabuk dan tidur yang nyenyak sangat berbeda, karena dengan kondisi kita mabuk ada sebagian urat syaraf yang dikepala menjadi rusak, dan urat syaraf yang rusak dapat mengakibatkan waktu tidur yang terganggu, dilain hal, istirahat ketika tidur dan istirahat ketika kita mabuk, jelas berbeda. Karena ketika kita tidur dan bangun, tenaga kita menjadi terisi kembali dan menjadi lebih segar. Sedangkan ketika kita tidur pada saat mabuk dan terbangun, badan menjadi lebih berat, sakit kepala berlebih dan pusing dikepala, hal ini merupakan pertanda bahwa urat syaraf kita telah rusak, dan coba bayangkan apabila hal ini berlangsung untuk waktu yang cukup lama. Oleh karena itu alkohol tidak baik untuk kesehatan.

5. Rokok
Rokok juga merupakan salah satu penyebab dari Insomnia, beberapa zat dari kandungan rokok dapat menyebabkan kecanduan akan rokok itu sendiri dan mengakibatkan sulitnya untuk tidur.

6. Konsumsi Kopi
Konsumsi Kopi yang berlebih juga dapat menjadi penyebab insomnia dimana dalam kopi tersebut terkandung caffeine yang bersifat sebagai energy booster, dan apabila kita menjadi kecanduan meminum kopi karena adanya caffeine kita menjadi lebih susah untuk tidur.


7. Mengikuti Trend
Dalam beberapa kelompok masyarakat khususnya anak muda, Begadang merupakan kebiasaan yang lagi ngetrend dikalangan mereka, dikarena Begadang yang menjadi kebiasaan dan rutinitas, Insomnia pun menjadi sahabat bagi kaum muda yang mengikuti trend ini. Karena biasanya pada setiap perbincangan pasti akan ada perbincangan "ngantuk banget, habis begadang nonton bola" dengan kantung mata yang tebal dan muka lemas menurut mereka dulunya sesuatu yang keren dan menjadi trend, sehingga begadang yang menjadi penyebab insomnia merupakan trend.


8. Penggunaan Gadget secara berlebih.
Baru-baru ini Gadget juga merupakan salah satu penyebab insomnia, bukan hanya karena radiasi yang disebabkan oleh gadget, tetapi karena penggunaan gadget sebelum tidur, biasanya kaum muda menggunakan gadgetnya di tempat tidur sambil chattingan dengan temannya, tanpa sadar waktu berlalu pada saat mereka mengobrol melalui gadget dan akhirnya malam menjadi larut dan jam tidur mereka berkurang. Oleh karena itu ada baiknya pada saat kita mau tidur, Gadget dicharge sambil kita silent agar tidak mengganggu tidur kita.

Artikel Terkait

Gunakan selalu bahasa yang sopan dan tidak spam dalam berkomentar, karena komentar yang baik menunjukkan kualitas dari orang tersebut.
EmoticonEmoticon